Jumat, 02 Januari 2015

Apa itu Credit Union?



Pengertian Credit Union
Credit Union atau biasa di singkat dengan CU adalah nama lain dari koperasi kredit ialah sebuah lembaga keuangan yang bergerak di bidang simpan pinjam yang di kelola secara langsung oleh anggotanya, serta memiliki tujuan yang sama dengan koperasi pada umumnya yaitu menyejahterakan anggotanya.
Credit Union atau koperasi kredit memiliki 3 prinsip sebagai berikut : 
  1. asas swadaya (tabungan hanya diperoleh dari anggotanya)
  1. asas setia kawan (pinjaman hanya diberikan kepada anggota), dan
  1. asas pendidikan dan penyadaran (membangun watak adalah yang utama; hanya yang berwatak baik yang dapat diberi pinjaman).
Sejarah Credit Union

Credit Union yang dibangun oleh Raiffeisen (wali kota Flammersfield), petani miskin dan kaum buruh berkembang pesat di Jerman, bahkan kini telah menyebar ke seluruh dunia. Sejarah koperasi kredit dimulai pada abad ke-19. Ketika Jerman dilanda krisis ekonomi karena badai salju yang melanda seluruh negeri. Para petani tak dapat bekerja karena banyak tanaman tak menghasilkan. Penduduk pun kelaparan.

Tiga kebijakan yang ditempuh oleh F. W. Reiffeisen :
pertama : kumpulkan uang dari orang kaya bagikan ke orang miskin tetapi nasib rakyat tetap miskin;
kedua : kumpulkan roti dari pabrik roti dibagikan kepada orang miskin tetapi nasib rakyat tetap miskin;
ketiga: kumpulkan uang dari sesama miskin kemudian pinjamkan, maka kondisi masyarakat miskin mengalami perubahan baik.
Pengertian “kumpulkan uang dan dipinjamkan” pada waktu itu di Jerman disebut Credit Union.

Beberapa Credit Union di Indonesia:

·         CU Pancur Kasih, Kalimantan Barat.
Tahun 1985, beberapa orang dari Yayasan Karya Sosial Pancur Kasih (YKSPK) mengikuti kursus dasar Credit Union yang diselenggarakan atas kerjasama Pengembangan Sosial Ekonomi  Keuskupan Agung Pontianak dengan Badan koordinasi Koperasi Kredit Indonesia. Pada tanggal 12 Mei 1985 berdirilah CU Laboratorium - Khatulistiwa Bakti, yang sebagian besar pengurus YKSPK menjadi anggotanya. (cupk.org)

·         CU Swasti Sari, Kupang.
Koperasi Kredit Swasti Sari berdiri sejak 01 Februari  1988 yang di awali dengan nama Credit Union Swasti Sari.  Pencetus adalah Sr. Caroli, CB dan dilaksanakan pertama kali oleh Sr. Antari, CB selaku ketua yayasan Swasti Sari KAK waktu itu awalnya anggota hanya terdiri dari guru dan pegawai yayayan Keuskupan Agung Kupang (YASWARI KAK) serta anggota keluarga. (kopditswastisari.blogspot.com)

·         CU Mototabian, Manado.
Koperasi Kredit Mototabian berdiri sejak 2007 di Bumi Totabuan dan lebih khusus di Kevikepan Stela Maris dan terutama di Paroki Kristus Raja Kotamobagu. (cumt-kotamobagu.blogspot.com)

           
Source: cupk.org
             kopditswastisari.blogspot.com
             cumt-kotamobagu.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar